Anda Pecinta Kopi? Gunakan French Press Untuk Kenikmatan yang Luar Biasa!

Bagi para pecinta kopi, French press merupakan sebuah alat yang sudah tidak asing lagi. Ya, alat ini sangat familiar dalam dunia kopi yang memiliki kegunaan untuk menambah kenikmatan pada para pecinta kopi tanpa ampas. Bahkan tidak sedikit orang yang membeli alat bantu ini namun tidak tahu bagaimana cara kerja dan penggunannya. Penggunaan French press yang tidak tepat juga dapat memengaruhi tingkat keberhasilan pembuatan kopi. Tapi jangan khawatir, berikut ini akan diberikan cara penggunaan French press yang dapat menghasilkan kenikmatan kopi luar biasa.

Cara penggunaan French Press yang baik dan benar agar kopi kalian terlihat jauh lebih nikmat.

  1. Gunakan air yang baik

Pastikan air yang kalian gunakan untuk membuat kopi berasa dari air yang baik, artinya air tersebut tidak terkontaminasi oleh zat dan rasa yang lain. Wadah yang digunakan juga harus benar-benar bersih, maksudnya tidak boleh ada bekas rasa atau aroma dari minuman lain yang masih menempel di sana karena bisa menghilangkan rasa atau aroma kopi yang sebenarnya.

  1. Gunakan kopi yang masih segar dan baru

Kopi yang sudah lama dan kopi yang masih baru memiliki kenikmatan yang berbeda. Selain itu juga akan berpengaruh pada saat diseduh menggunakan French press. Biji kopi yang sudah dibiarkan lama dengan kemasan terbuka tidak memiliki aroma rasa yang sama dengan aslinya. Sedangkan biji kopi yang masih segar dan baru memiliki aroma yang kuat dan sedikit oily.

  1. Jangan gunakan kopi bubuk, melainkan kopi yang baru digiling

Untuk hasil kenikmatan terbaik, jangan gunakan kopi bubuk yang sudah digiling berhari-hari, melainkan gunakanlah kopi yang baru digiling. Saat digiling, pastikan bubuk kopi yang dihasilkan tidak terlalu halus karena dapat menyumbat filter dari fresh press.

  1. Jangan ikuti standar ukuran French press

Selera setiap orang berbeda-beda, termasuk kopi yang kamu buat merupakan selera personal kamu. Jadi jangan ikuti standar ukuran French press, melainkan ikuti selera yang kamu inginkan. Ukur sendiri takaran kopi dan air yang kamu inginkan.

  1. Perhatikan suhu air dengan tepat

Air yang terlalu panas biasanya akan mengeluarkan rasa yang pahit, sedangkan air yang tidak panas juga biasanya tidak akan mengeluarkan rasa yang diinginkan. Jadi ambil tengah-tengahnya saja, biasanya suhu 95 derajat celcius yang biasa digunakan saat menyeduh kopi menggunakan French press.

  1. Seduh kopi dengan benar

Setelah semuanya siap, masukkan bubuk kopi yang baru digiling ke dasar French press. Lalu tuangkan sepertiga air di atasnya dan diamkan selama 30 detik. Setelah itu, aduk dengan perhalan dan pastikan bahwa kopi dan air yang kalian masak sudah matang secara sempurna. Setelah itu, tuangkan sisa air dan biarkan proses brewing pada French press dimulai.

  1. Perhatikan proses brewing karena bisa memengaruhi rasa

Ketepatan waktu dalam proses brewing bisa memengaruhi rasa kopi yang kalian buat. Proses brewing yang terlalu singkat dapat membuat rasa kopimu menjadi asam dan tipis. Sementara proses brewing yang terlalu lama dapat membuat rasa kopimu semakin pahit. Jadi, gunakan waktu 4 menit untuk proses brewing.

  1. Kopi siap disajikan

Setelah proses brewing selesai, tekanlah plunger dengan hati-hati namun tegas. Kemudian, tuangkan kopi ke dalam cangkir atau gelas kamu dan kopi siap disajikan.

Itulah cara penggunaan French press pada umumnya. Pastikan untuk ditiru dengan benar ya agar menghasilkan kenikmatan kopi yang luar biasa. Untuk bisa mendapatkan alat bantu ini, kalian bisa membelinya di Blibli.com. Selamat bereksperimen dengan kopi favorite kamu!